Business

Ini 5 Tempat Wisata Yang Mempesona di Aceh Timur

By | 00:55 Leave a Comment
Kabupaten Aceh Timur berada antara Kabupaten Aceh Utara dan Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk terbesar ke dua di Aceh. Terdapat beberapa suku (etnis) Aceh yang tinggal di daerah ini, seperti Suku Aceh, Suku Gayo dan Suku Tamiang.

Suku Aceh merupakan suku yang mendominasi tinggal di daerah ini. Suku Gayo tinggal di daerah pedalaman dan Suku Tamiang tinggal disekitar pantai menuju selatan. Mata pencaharian utama penduduk ini adalah pertanian, khususnya padi dan bercocok tanam (perkebunan).

Aceh Timur memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Seperti objek wisata alam dan objek wisata budaya yang memiliki keunikan dan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini.

Berikut ini beberapa 5 tempat wisata yang menarik dan sudah seharusnya dikunjungi di Aceh Timur Versi Jak Sabe Woe Siat. 

AIR TERJUN TERUJAK


Ini 5 Tempat Wisata Yang Mempesona di Aceh Timur
Air terjun Terujak
Air Terjun Terujak yang terletak di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi ini memiliki pemandangan hutan alam yang alami dengan udara yang sejuk. Ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor. selain itu, disekitan lokasi air terjun ini juga ada tempat pemandian air panas dan air dingin pegunungan.


PANTAI KUALA BEUKAH

Ini 5 Tempat Wisata Yang Mempesona di Aceh Timur
Pantai Kuala Beukah 


Pantai Kuala Beukah berada 10 Km dari Peureulak atau 59 Km dari Kota Langsa dan dapat dicapai dengan menggunakan minibus atau mobil pribadi. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas dengan air yang bersih.

Pada Hari libur pantai ini sering dikunjungi oleh masyarakat Aceh Timur untuk piknik. Para pengunjung berenang, memancing dan berbagai kegiatan pantai lainnya. Angin yang berhembus pelan dengan ombak Selat Malaka yang beralun lembut membuat pantai ini begitu mempesona.


 AIR TERJUN PAYA BILI


Air terjun ini berada di Kecamatan Birem Bayeum, sekitar 12 Km dari ibukota kecamatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki waduk alam seluas 20 x 50 m.
Sarana alam yang dapat dilalui kendaraan belum mencapai lokasi, maka pengunjung harus menyusuri jalan setapak sekitar 3 Km lagi untuk mencapai lokasi objek wisata ini. Alam sekitarnya masih alami  sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk menikmati wisata alam yang masih bersih.  


        KERAJAAN ISLAM PEUREULAK

Ini 5 Tempat Wisata Yang Mempesona di Aceh Timur
makam raja raja pereulak 


Menurut hikayat, Kerajaan Islam Peureulak merupakan kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara. Kerajaan Islam pereulak di dirikan pada tahun 840 M dengan raja pertama Sultan Alaidin Sayed Maulana Abdul Aziz (840 - 864 M) sisa-sisa peninggalannya yang masih dapat ditemukan sekarang adalah Makam Sultan Sayed Maulana Abdul Aziz Syah dan istrinya serta makam Said Machdum Alaidin Malek Abdullah.
Lokasi Bekas kerajaan Islam Peureulak ini berada 6 Km dari Kota Peureulak dan dapat dicapai dengan minibus, mobil dan sebagainya.

      PANTAI MATANG ULIM IDI CUT

Ini 5 Tempat Wisata Yang Mempesona di Aceh Timur


Pantai Matang Ulim Idi Cut terletak 2,5 Km dari ibukota kabupaten Idi Rayeuk atau 75 Km dari Kota Langsa dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan.
Pantai ini memiliki panjang ,5 Km dengan lebar pantai yang cukup luas. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara laut yang rindang dan memberikan kenyamanan jika panas siang hari.

Angin laut berhembus sepoi-sepoi disela-sela pepohonan dan riak gelombang Selat Malaka yang tiada henti menghempas pantai membuat pantai ini begitu indah dan menggoda mempesona.[] 

Banda Aceh, juni 2015 
Newer Post Older Post Home

0 comments: